Halo semuanya, pada kesempatan kali ini, saya akan memberi tutorial cara membuat format penjualan Education Software menggunakan rumus IF, VLOOKUP, HLOOKUP, dan rumus-rumus yang lainnya, dan juga menggunakan Data Validation Nama Software Pendidikan dan Jumlah Belinya, oke langsung saja ke tutorial dan penjelasan dari masing-masing rumusnya...
Dan inilah yang akan kita buat...
Dengan Daftar Harga dan Ketentuan Soal sebagai berikut :
1. Membuat Daftar Harga
Disini saya membuat yang vertikal untuk nanti kita membuat Harga Satuan menggunakan Rumus VLOOKUP
Dan disini saya membuat yang horizontal untuk nanti kita membuat Harga Satuan menggunakan Rumus HLOOKUP
2. RUMUS UPPER (Di tugas ini digunakan untuk mengetik judul Education Software)
Rumus ini digunakan untuk merubah huruf teks menjadi huruf besar/kapital semua.
Bisa juga menggunakan RUMUS LOWER
Fungsi rumus ini adalah kebalikanya dari Rumus Upper, yaitu untuk merubah huruf teks menjadi huruf kecil semua.
3. RUMUS PROPER (Di tugas ini digunakan untuk mengetik Sub Judul seperti Nama Software Pendidikan, Jumlah Beli dll)
Rumus ini digunakan untuk merubah karakter awal teks menjadi huruf besar/kapital.
4. DATA VALIDATION *Nama Software Pendidikan* (Di tugas ini digunakan untuk mengetik nama-nama software yang akan dijual)
Data validation adalah salah satu fitur excel yang digunakan untuk membatasi input data yang bisa dimasukkan ke dalam sebuah sel atau range, sehingga data yang diinputkan ke dalam sebuah sel atau range valid atau memenuhi kriteria tertentu yang diharapkan.
Dan disini cara membuat data validation *Nama Software* sebagai berikut :
1. Ke bagian Data lalu klik kebagian Data Validation
2. Lalu dibagian ini pilih List dibagian Allows, dan sourcenya sesuaikan baris dan kolom Nama Software di Daftar Harga
3. Lalu jadilah seperti ini, jika kita ingin mengisi kolom Nama Software Pendidikan
5. DATA VALIDATION *Jumlah Beli* (Di tugas ini digunakan untuk mengetik Jumlah beli dari masing-masing produk)
Data validation adalah salah satu fitur excel yang digunakan untuk membatasi input data yang bisa dimasukkan ke dalam sebuah sel atau range, sehingga data yang diinputkan ke dalam sebuah sel atau range valid atau memenuhi kriteria tertentu yang diharapkan.
Dan disini cara membuat data validation *Jumlah Beli* sebagai berikut :
1. Ke bagian Data lalu klik kebagian Data Validation
2. Lalu dibagian ini pilih Whole Number dibagian Allows, dan Minimum angkanya disini adalah 1 dan Maximum 20, jika kurang/lebih dari itu akan error
3. Lalu jadilah seperti ini, jika kita mengisi kolom Jumlah Beli
4. Dan ini jika kita mengetik kurang dari 1
5. Dan ini jika kita mengetik lebih dari 20
6. RUMUS VLOOKUP (Ditugas ini digunakan untuk mengisi kolom Harga Satuan)
Fungsi dari rumus ini adalah mencari data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak/vertikal. Pada gambar berikut ini terdapat sebuah tabel Daftar Harga dengan format vertikal itulah yang digunakan untuk RUMUS VLOOKUP dan ditempatkan di Harga Satuan. Sesuaikan baris dan kolom dengan Nama Software Pendidikan & Daftar Harga.
Setelah kolom pertama diisi drag Harga Satuan dari kolom pertama sampai kolom terakhir
Dan ini jika menggunakan RUMUS HLOOKUP
Fungsi dari rumus ini adalah mencari data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar/horizontal. Pada gambar berikut ini terdapat sebuah tabel Daftar Harga dengan format horizontal itulah yang digunakan untuk RUMUS HLOOKUP dan ditempatkan di Harga Satuan. Sesuaikan baris dan kolom dengan Nama Software Pendidikan & Daftar Harga.
Setelah kolom pertama diisi drag Harga Satuan dari kolom pertama sampai kolom terakhir
7. RUMUS IF (ISBLANK) & SUM (Harga Seluruh = Harga Satuan * Jumlah Barang)
Fungsi IF ISBLANK digunakan untuk menguji atau memeriksa apakah sebuah sel kosong (blank) atau tidak. Jika sel yang telah ditentukan tersebut kosong, maka fungsi IF ISBLANK akan mengembalikan nilai TRUE, sebaliknya akan mengembalikan nilai FALSE.
RUMUS SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan. RUMUS SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
Di tahap ini kita akan menghitung harga seluruh, yang mana kita akan menggunakan 2 Rumus yaitu IF ISBLANK & SUM (Harga Seluruh = Harga Satuan * Jumlah Barang), sesuaikan baris dan kolom dengan Harga Satuan & Jumlah Beli
Jika sudah ketemu harga dikolom pertama, selanjutnya adalah drag harga sampai kekolom akhir
8. RUMUS SUM (Potongan = Harga Seluruh * 10%)
RUMUS SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan. RUMUS SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
Di tahap ini kita akan menghitung Potongan 10%, yang mana kita akan menggunakan RUMUS SUM (Potongan = Harga Seluruh * 10%), sesuaikan baris dan kolom dengan Harga seluruh
Jika sudah ketemu harga dikolom pertama, selanjutnya adalah drag harga sampai kekolom akhir
9. RUMUS SUM (Total Penjualan = Harga Seluruh - Potongan)
RUMUS SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan. RUMUS SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
Di tahap ini kita akan menghitung Total Penjualan, yang mana kita akan menggunakan RUMUS SUM (Total Penjualan = Harga Seluruh - Potongan), sesuaikan baris dan kolom dengan Harga Seluruh & Potongan
Jika sudah ketemu harga dikolom pertama, selanjutnya adalah drag harga sampai kekolom akhir
10. RUMUS SUM (Total Seluruh Penjualan)
RUMUS SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan. RUMUS SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.
Di tahap ini kita akan menghitung Potongan 10%, yang mana kita akan menggunakan RUMUS SUM (Jumlahkan Total Penjualan), sesuaikan baris dan kolom dengan Total Penjualan
11. RUMUS AVERAGE (Rata-rata Total Penjualan)
Rumus AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari nilai rata-rata suatu variabel.
Ditahap ini kita mencari rata-rata dari Total Penjualan
12. RUMUS MAX (Nilai Maksimum Total Penjualan)
Fungsi Max adalah fungsi excel yang digunakan untuk menentukan nilai tertinggi (angka maksimum) dari sekumpulan nilai atau untuk mendapatkan nilai terbesar dari sejumlah data.
Ditahap ini kita mencari nilai Maximum dari Total Penjualan
13. RUMUS MIN (Nilai Minimum Total Penjualan)
Fungsi Min adalah fungsi excel yang digunakan untuk menentukan nilai terendah (angka minimum) dari sekumpulan nilai atau untuk mendapatkan nilai terbesar dari sejumlah data.
Ditahap ini kita mencari nilai Minimum dari Total Penjualan
14. RUMUS COUNTA (Jumlah transaksi penjualan)
Rumus COUNTA yang berfungsi untuk menjumlah cell yang terisi.
Ditahap ini kita menjumlah ada berapa transaksi dalam format penjualan ini
Dan inilah hasil akhirnya :
Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya... semoga apa yang saya share disini bisa bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar